5 Jurusan Saintek Punya Prospek Kerja Bagus yang Banyak Kimianya, Kamu Perlu Tahu!

5 Jurusan Saintek Punya Prospek Kerja Bagus yang Banyak Kimianya, Kamu Perlu Tahu!

Mata kuliah yang berkaitan dengan rumus dan hitung menghitung memang terkenal di beberapa jurusan saintek. Mereka yang mengambil jurusan saintek, memang dikarenakan menyukai mata kuliah yang terdapat banyak hitungannya.

Kimia merupakan salah satu mata kuliah yang menghafal, memuat rumus, dan menghitung. Mata kuliah ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang struktur, sifat, dan perubahan reaksi dan energi yang terdapat di dalam suatu materi. Hal ini adalah bagian yang memang digemari oleh beberapa anak saintek.

Jurusan saintek ini biasanya terdapat banyak mata kuliah kimia yang juga berkaitan dengan kimia. Namun, tidak semua jurusan menggunakan embel-embel kimia dalam nama prodinya. Di dalam jurusan kuliah saintek ini, ada beberapa mata kuliah seperti kimia analisis, biokimia, kimia anorganik, dan kimia organik yang kerap kali dijumpai dan sudah tak asing.

Berikut adalah 5 jurusan saintek yang banyak kimianya yang perlu diketahui:

  1. Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia merupakan studi yang mempelajari rekayasa. Tujuannya sendiri yaitu untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi tinggi. Tak hanya itu, di dalamnya juga terdapat pengembangan dan penelitian yang berkaitan dengan desain molekular baru.

Jurusan ini tentu banyak sekali kata kuliah yang terdapat kimia, di antaranya seperti kimia fisika, matematika teknik kimia, kimia dasar, kimia analitik, dan kimia organik.

Maka dari itu, jangan heran kalau lulusan teknik kimia ini banyak dibutuhkan oleh industri energi terbarukan, gas, pengolahan limbah, industri obat, industri kimia, industri minyak. Bahkan, industri pangan, industri perancangan alat, dan instansi pemerintah pun membutuhkannya.

Kamu perlu tahu, bahwasanya hampir seluruh pabrik yang ada di dunia ini dirancang oleh para sarjana Teknik Kimia.

  1. Kimia Murni

Di dalam jurusan saintek terdapat kimia murni, di mana program studi ini mempelajari tentang sifat dan struktur zat serta integrasi antar materi penyusun zat. Ketika kamu mengambil jurusan ini, maka ilmu yang dipelajari tentunya lebih dalam daripada mata pelajaran dahulu yang pernah dipelajari di bangku SMA.

Bahkan perbandingannya sangat jauh, jika kamu berniat membandingkannya. Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini tetap akan mendapat mata kuliah saintek lain seperti fisika dan biologi, meskipun nama jurusannya adalah kimia murni.

Adapun mata kuliah yang akan didalam apabila mengambil jurusan ini sebagai pilihan kamu adalah kimia dasar, kimia organik, kimia lingkungan, kimia fisik, biokimia, dan kimia anorganik.

Biasanya untuk lulusan jurusan kimia murni ini bisa kerja di perusahaan tekstil, kosmetik, farmasi, minyak dan gas, bahkan pertanian. Umumnya, lulusan ini bekerja sebagai quality control/quality assurance di bagian research and development.

  1. Farmasi

Farmasi ini merupakan jurusan yang mempelajari tentang cara membuat dan meracik obat dalam berbagai berbagai bentuk. Di dalamnya merupakan kombinasi antara ilmu kimia dengan ilmu Kesehatan. Perlu kamu ketahui, bahwa peluang kerja lebih besar ketika kamu mengambil jurusan ini.

Mengapa jurusan farmasi memiliki peluang kerja yang lebih besar? Hal ini disebabkan, dengan mengambil jurusan farmasi, kamu bisa menjadi apoteker, rumah sakit, bahkan industri yang berkaitan dengan farmasi.

Praktikum adalah kesibukan para mahasiswa yang mengambil jurusan farmasi. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi mata kuliah yang akan dipelajarinya, di antaranya ada praktikum biokimia, praktikum kimia analisis, praktikum kimia dasar, dan masih banyak lagi mata kuliah kimia lainnya.

Perlu kamu tahu, bahwa farmasi merupakan salah satu jurusan paling sulit, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Kamu tidak diharuskan pintar, tetapi tentu saja harus memahami konsep-konsep dasar dari ilmu kimia yang akan sangat berguna untuk mempelajari cabang-cabang ilmu farmasi lainnya.

Untuk masuk ke jurusan farmasi, biasanya kamu harus memenuhi syarat, seperti lulus dari jurusan IPA, melengkapi dokumen, diterima dari seleksi, suka dunia sains, gemar meneliti, dan hal lainnya.

Sangat tidak disarankan jika kamu mengambil jurusan ini hanya sebagai ajang ikut-ikutan. Lebih tepatnya ikut pilihan teman atau memenuhi paksaan dari orang tua. Biasanya, jika seperti itu, akan mengganggu konsentrasi belajar nantinya.

  1. Biokimia

Biokimia merupakan jurusan yang mempelajari peranan berbagai molekul dalam reaksi dan juga bagaimana proses kimia berlangsung dalam sebuah ekosistem. Kamu pasti tahu, bahwa saat ini jurusan biokimia menjadi salah satu jurusan yang cukup digemari oleh para mahasiswa baru.

Adapun untuk mata kuliah kimia yang ditawarkan dalam jurusan ini, dimulai dari kimia dasar, kimia organik, kimia kinetika kimia, hingga kimia analitik.

Ketika kamu mengambil jurusan ini, maka nantinya akan mengerjakan penelitian baru. Tujuannya adalah supaya dapat memecahkan masalah terhadap proses produksi kimia, kosmetik, makanan, dan obat-obatan.

  1. Pendidikan Kimia

Pendidikan kimia merupakan jurusan saintek yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki minat sebagai tenaga pengajar. Selain itu, kamu juga menyukai ilmu kimia, hingga bisa memfokuskan diri mengambil jurusan pendidikan kimia untuk mengajarkan kimia terhadap orang lain.

Ketika kamu mengambil program studi ini, maka mata kuliah yang akan didapatkan adalah, kimia dasar, matematika kimia, praktikum kimia dasar, praktikum kimia pemisahan, dan praktikum kinetika kimia. Di dalamnya juga terdapat mata kuliah yang mendukung kamu sebagai seorang mahasiswa untuk menjadi pengajar seperti, mata kuliah perencanaan dan pengelolaan pembelajaran.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *