Ini Dia Daftar Prospek Kerja dari Lulusan Teknik Nuklir

Ini Dia Daftar Prospek Kerja dari Lulusan Teknik Nuklir

Sedikit sekali ada masyarakat Indonesia yang mau mengambil jurusan Teknik Buklir. Penyebabnya, jurusan Teknik Nuklir dipandang belum memiliki banyak lapangan kerja di Indonesia. Walaupun memang prospek kerja di luar negeri masih tersedia luas.

Padahal jurusan yang satu ini juga memanfaatkan turunan dari energi nuklir.  Terdapat juga pelajaran mengenai pengembangan teknologi dan juga kewirausahaan berbasis teknik. Sebagian besar materi yang dipelajari memang berupa matematika,  metafisika,  sekaligus ilmu rekayasa.

Pengenalan Jurusan Teknik Nuklir dan Prospek Kerja

Sampai dengan saat ini masih belum banyak universitas yang mau membuka jurusan ini. Dilansir dari Ruangguru bahwa paling tidak baru terdapat dua Perguruan Tinggi saja yang mau membuka jurusan Teknik Nuklir. Kedua perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Gadjah Mada yang dikenal sebagai UGM maupun Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir disingkat STTN yang ada di Batan.

Selain kedua perguruan tinggi tadi pelajaran tentang nuklir juga sempat dipelajari di jurusan fisika dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Institut Teknologi Bandung terdapat mata kuliah program nuklir dan biofisika yang memuat tentang sekilas pelajaran di Teknik Nuklir. Walaupun memang ITB sendiri juga menyediakan program Magister berupa Ilmu dan Rekayasa Nuklir.

Lalu untuk program lanjutan Doctor juga terdapat Rekayasa Nuklir. Jika kita bergeser ke universitas yang ada di mancanegara maka akan mendapati bahwa ada Massachusetts Institute of Technology (MIT). Lulusan MIT biasanya memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang nuklir karena memang fasilitasnya juga lengkap.

MIT sendiri menyediakan laboratorium khusus yang lengkap dengan alat-alatnya untuk menangani percobaan tentang nuklir. Banyak dari mahasiswa jurusan ini yang melakukan penelitian di laboratorium tersebut dan memberikan jurnal-jurnal dengan impact tinggi. MIT juga menyediakan jenjang Magister untuk jurusan nuklir.

Setiap lulusan dari jurusan teknik nuklir akan diberikan gelar berupa Sarjana Teknik juga. Bagi Anda yang tertarik untuk menyelam ke jurusan tersebut maka harus mengetahui berbagai prospek kerjanya. Kita akan membahas berbagai prospek kerjanya di bawah ini.

  1. Prospek kerja di Batan

Batan sendiri merupakan Badan Tenaga Nuklir Nasional. Selain membuka perguruan tinggi yang mengajarkan tentang nuklir maka tempat tersebut juga menyediakan lapangan kerja khusus bagi para lulusannya.  Lulusan jadi bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari semasa kuliah dan mengabdikan diri guna mengembangkan negara di bidang pernukliran.

Sebenarnya sampai dengan saat ini Batan sudah memiliki reaktor nuklir yang beroperasi. Reaktor nuklir tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian yang semuanya melibatkan SDM asal Indonesia. Diharapkan dari hasil penelitian Batan nantinya Indonesia mampu mengoperasikan PLTN sehingga tidak lagi ada masyarakat yang kesulitan mendapatkan listrik.

  1. Lowongan Pekerjaan di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) 

Prospek kerja lain juga terbuka lebar di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BPPT merupakan salah satu instansi pemerintah yang memang berperan di bagian khusus inovasi nasional. Kinerjanya langsung berada di bawah pengawasan dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

  1. Kementerian ESDM

ESDM merupakan salah satu Kementerian yang bergerak di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral. Keberadaan dari Kementerian ini diharapkan mampu membantu bangsa Indonesia untuk semakin mengeksplorasi sumber daya energi yang berasal dari Indonesia. Para lulusan teknologi nuklir bisa bekerja di bagian Kementerian ini melalui jalur seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

  1. Perusahaan Swasta

Kemudian kita juga akan membahas tentang prospek kerja di berbagai perusahaan swasta. Prospek kerja di perusahaan swasta juga terbuka lebar baik yang berbasis dalam negeri maupun luar negeri. Dikutip dari Wikipedia jumlah perusahaan yang berbasis nuklir cukup banyak dan sebagian besar ada di Kanada serta Australia.

Perusahaan berbasis nuklir di Australia contohnya adalah BHP, Energi Resources of Australia, Heathgate Resource, dan Paladin Energy. Sedangkan perusahaan yang bergerak di bidang pernukliran ada di Kanada yakni Cameco, Hathor Exploration, Uranium One, Bruce Power, New Brunswick, maupun Ontario Power Generation. Cukup banyak sekali bukan perusahaan berbasis nuklir yang eksis di Kanada.

Sebagian dari perusahaan yang ada di China juga bergerak di bidang nuklir. Beberapa dari perusahaan asal China yang bergerak di bidang nuklir adalah China General Nuclear Power Group, China National Nuclear Corporation, dan China Nuclear International Uranium Corporation.

  1. Peneliti

Prospek kerja terakhir untuk jurusan ini adalah sebagai peneliti. Anda bisa mengaplikasikan ilmu mengenai pernukliran dan memberikan sumbangsih yang baik bagi pengembangan pengetahuan. Terdapat banyak sekali penelitian di bidang ini terutama yang berbasis luar negeri.

Sebagian besar dari lulusan teknik nuklir yang ingin bekerja di bidang penelitian bisa mencari-cari lowongan di Amerika Serikat dan negara lainnya. Gaji dari profesi ini juga cukup prospek di mana setiap tahun bisa mendapatkan $50.000 – $135.000. Gajinya memang cukup tinggi bukan karena resikonya yang juga cukup tinggi terhadap kesehatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.