Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Luas

Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Luas

Para lulusan SMA sebaiknya memang mencari tahu dulu mengenai prospek kerja dari suatu jurusan. Nantinya setelah lulus, hal itu akan memudahkan mereka dalam mencari pekerjaan karena memang lowongan yang tersedia cukup banyak. Meskipun berasal dari Universitas ternama tetapi bukan berarti setiap jurusan teknik punya prospek kerja yang luas loh.

Jadi tidak peduli Anda akan masuk ke universitas swasta maupun Negeri pastikan jurusan yang dipilih punya peluang mendapatkan kerja tinggi di masa depan. Terlebih lagi perkembangan antara lapangan kerja dengan orang yang ingin bekerja masih jauh lebih banyak perkembangan orang yang ingin bekerja. Sedikitnya lapangan pekerjaan akan menciptakan persaingan yang kompleks dan semakin susah.

Bisa dikatakan kalau di zaman sekarang sudah tidak lagi umum memilih jurusan berdasarkan minat serta bakat. Daripada harus dibayangi kecemasan sulit mendapatkan pekerjaan maka carilah yang prospek lapangan pekerjaannya masih luas. Berdasarkan informasi dari Instagram Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbud ristek terdapat beberapa jurusan Teknik dengan peluang kerja tinggi.

  1. Teknik Informatika

Jurusan yang terhitung punya prospek kerja cukup luas adalah teknik informatika.   Jurusan ini merupakan kombinasi dari Computer Science sekaligus Software Engineering. Tidak heran bila beberapa Universitas memberikan nama jurusan ini sebagai ilmu komputer.

Jika sebagian besar dari jurusan teknik jarang mempraktekkan ilmunya maka jurusan ini justru lebih banyak harus praktek langsung. Masalahnya pembuatan software tidak bisa direalisasikan hanya dengan teori saja. Terlebih lagi dalam pembuatan software harus dilakukan tes berkali-kali sampai akhirnya berhasil.

Macam-macam mata kuliah yang dipelajari pada jurusan ilmu komputer berbasis pada bahasa pemrograman,  penghitungan,  algoritma komputer,  sampai yang paling baru adalah kecerdasan buatan. Seluruh mahasiswa yang sudah terjun di jurusan ini wajib memiliki logika yang yang runut dan rapi. Masalahnya seluruh pemrograman membutuhkan penggunaan logika secara sistematis.

  1. Teknik Sipil

Jurusan lain yang menyediakan lapangan pekerjaan dengan luas adalah Teknik Sipil. Negara Indonesia sendiri merupakan negara berkembang sehingga masih banyak sisi infrastrukturnya yang harus diperbaiki. Tidak heran kalau ada banyak proyek pembangunan infrastruktur di negeri ini.

Selama berkuliah maka Teknik Sipil akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perancangan manufaktur,  konservasi,  manajemen,  dan sistem pendukung kota maupun pedesaan. Jurusan Teknik Sipil juga memerlukan penghitungan yang tepat sehingga suatu bangunan dapat berdiri kokoh. Oleh karena itu kemampuan logika juga sangat diperlukan.

  1. Teknik Grafika

Kita juga akan membicarakan tentang jurusan lain yang mungkin sedikit asing didengar oleh kebanyakan dari masyarakat awam. Jurusan tersebut adalah Teknik Grafika dan Penerbitan. Para mahasiswa lulusan dari jurusan ini biasanya akan berkecimpung di dunia desain grafis maupun wartawan.

Bagi orang-orang yang memiliki kemampuan desain grafis tinggi maka cocok untuk masuk ke jurusan tersebut. Sedangkan para lulusan pandai berbicara bisa berkecimpung di dunia wartawan. Contoh dari Politeknik yang menawarkan jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

  1. Teknik Mesin

Kita mengetahui kalau industri era sekarang berusaha berfokus ke 4.0. Dengan kata lain penggunaan tenaga manusia akan berkurang tetapi jumlah mesin bertambah. Hal ini membuat prospek kerja dari teknik mesin terbuka lebar.

Contoh dari prospek kerja teknik mesin juga ada di industri transportasi maupun kedirgantaraan. Selama masa kuliah mahasiswa tidak hanya akan belajar mata kuliah mesin motor dan mobil saja. Namun mereka juga diharuskan untuk mempelajari perihal perancangan mesin sekaligus konversi energi.

  1. Teknik Industri

Teknik mesin tentu saja berbeda dari teknik industri. Meskipun Teknik Industri juga mempelajari perihal mesin manufaktur,  tetapi mereka juga mempelajari hal yang berkaitan dengan sistem manajemen. Tentu saja ilmu pengetahuan ini akan sangat berguna ketika seseorang yang sudah diterima bekerja dalam suatu pabrik.

Peluang kerja tidak hanya terbatas pada pabrik yang sudah besar melainkan juga pada industri dengan skala yang lebih kecil.  Mata kuliah juga akan mempelajari tentang adanya divisi produksi,  engineering,  perencanaan biaya,  sekaligus HRD. Setiap pabrik pasti selalu memerlukan lulusan dari jurusan Teknik Industri.

  1. Teknik Kimia

Kita juga akan membahas tentang jurusan Teknik Kimia. Hampir seluruh benda yang ada di sekitar dan kita gunakan berasal dari senyawa kimia. Itulah mengapa prospek kerjanya juga cukup luas.

Lulusannya bisa bekerja di suatu pabrik yang lowongan kerjanya sering dibuka melalui pameran lapangan pekerjaan. Selama berkuliah mahasiswa Teknik Kimia akan mempelajari tentang reaksi kimia, keselamatan kerja,  dan berbagai praktek langsung untuk menghasilkan suatu produk industri. Lulusannya bisa saja bekerja di area industri perminyakan,  kecantikan, sekaligus farmasi.

  1. Teknik Elektro

Mayoritas dari lulusan Teknik Elektro bisa langsung bekerja. Hal itu disebabkan sebagian besar dari pihak Universitas sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah pabrik sehingga para lulusannya bisa langsung bekerja. Orang-orang yang berkuliah di jurusan ini akan lebih banyak melakukan praktik daripada mempelajari teori.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *